Iklan
Iklan

Tim SAR Sat Samapta Polres Tapsel bersama BPBD Paluta Turun dan Bantu Warga di 2 Lokasi Banjir

- Advertisement -
Padang Lawas Utara – Sebagai wujud responsif menangani dampak banjir, Tim SAR Sat Samapta Polres Tapsel yang dipimpin langsung Kasat Samapta AKP Harun Manurung, SH bersama personel BPBD Kabupaten Paluta turun dan bantu warga di 2 lokasi banjir yang menimpa 2 Desa di Kabupaten Paluta.

Tim SAR Sat Samapta Polres Tapsel ini langsung bergerak ke 2 lokasi banjir, Sabtu (25/11/2023) siang. Adapun lokasi yang dituju terkenan banjir tersebut yakni Desa Simangambat Julu dan Dusun Soro Dingin, Desa Pagaran Tonga di Kecamatan Simangambat, Kabupaten Paluta.

Tim
Kasat AKP Harun saat hendak membantu warga yang ingin menyeberang.

Kasat Sat Samapta Polres Tapsel AKP Harun Manurung, SH dalam keterangannya mengatakan tiba di lokasi banjir, Tim SAR nya bersama personel BPBD Kabupaten Paluta langsung memetakan titik-titik lokasi yang terberat terdampak banjir. Dan memploting Tim SAR nya untuk menyisir lokasi banjir untuk membantu warga yang memerlukan pertolongan saat menyeberang.

BPBD
Personel Polsek Padang Bolak stand by di lokasi Banjir Desa Pagaran Tonga.

” Tiba di lokasi banjir, ketinggian air telah mencapai 1 meter, sehingga untuk menimalisir dampak yang berat, kita petakan dan tempatkan personel di titik-titik tertentu untuk membantu warga ,” jelas Kasat AKP Harun Manurung, SH.

Ditambahkannya, personel Tim SAR nya ditempatkan di 4 titik lokasi banjir di Desa Simangambat Julu. Dan Personel Polsek Padang Bolak di stand by kan di Dusun Sungai Rodang dan Dusun Soro Dingin Desa Pagaran Tonga.

” Di lokasi banjir sembari membantu warga, pihak kita tak lupa memberikan himbauan kepada warga agar tetap waspada di cuaca musim penghujan seperti ini ,” kata AKP Harun.

Sambungnya lagi, dikarenakan di lokasi banjir masih diterpa hujan deras, Tim SAR Sat Samapta Polres Tapsel dan personel lainnya masih berteduh dan stand by di sekitar lokasi banjir.

” Kita tetap stand by sebab, jarak rumah penduduk yang tergenang air dengan sungai Barumun sekitar kurang lebih 10 meter ,” ucapnya.

Diketahui, banjir ini terjadi diakibatkan akibat curah hujan yang sangat tinggi di Kabupaten Paluta sehingga mengakibatkan Sungai Barumun meluap. Namun belum mengakibatkan korba jiwa dan kerugian material.

Turut bersama Kasat Samapta, Wakapolsek Padang Bolak Iptu Suhardi, Camat Simangambat Ahmad Darlin, SPd, Kasubbag Darurat Logistik BPBD Khoiruddin Dedek.

Lalu Danyon II Dalmas Polres Tapsel Aiptu Eddi Dalimunthe, SH, MH, personel Tim SAR Sat Samapta Polres Tapsel sebanyak 10 orang, Polsek Padang Bolak sebanyak 8 orang dan BPBD Kabupaten Paluta sebanyak 8 orang.

” Dengan perlengkapan yang dibawa 1 unit Truk Dalmas, 1 unit Mobil Double Cabin, 5 buah pelampung Samapta, 5 buah sepatu bot, dan 1 buah perahu karet ,” jelas Kasat.(Saragi).

 

Trending

- Advertisement -
Iklan

Lowongan Kerja

- Advertisement -
Logo

Game

Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini