KN SAR Sanjaya Kapal Elit Yang Diluncurkan Kabasarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi

1180
Kn sar
Tanjungbalai- Untuk memperkokoh armada laut di wilayah Perairan Selat Malaka, KN SAR Sanjaya tiba di Basarnas Tanjungbalai Asahan (TBA), Selasa (7/9/2021) sekitar pukul 15.00 WIB Dan Bersandar di Dermaga Panton Bagan Asahan.

Terlihat KN SAR Sanjaya adalah salah satu kapal dari 6 kapal SAR yang diluncurkan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi di Tanjung Ucang, Batam, pada April 2021 lalu.

KN SAR Sanjaya merupakan kapal kelas 2, tipe kapal cepat berteknologi cangih dengan spesifikasi panjang 40 meter lebar 7,80 meter, tinggi geladak utama 3,60 meter serta memiliki kecepatan maksimal 30 knot dan berbahan alumunium, memiliki 3 mesin 1400hp dengan daya tahan 60 jam dan daya jelajah 1200 Nm.

Terlihat dilokasi tempat kapal bersandar dipanton Bagan Asahan kapal tersebut tiba dengan dinahkodai Capt. D Pasaribu dan disambut oleh Komandan Pos Basarnas TBA, Pandawa beserta jajarannya di Panton Bagan Asahan. Turut hadir dalam penyambutan kapal tersebut, Kasat Pol Air Polres Asahan, AKP AR Kausar SH, Danpos TNI AL Lettu Dody, KSOP, Pelindo serta pemerintah daerah yang ikut hadir menyaksikan kapal dengan teknologi canggih.

Danpos Basarnas TBA, Pandawa kepada sejumlah wartawan mengatakan, keberadaan KN SAR Sanjaya itu untuk memperkuat armada laut Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan yang berfungsi untuk mencover wilayah Selat Malaka.

Disebutkan juga bahwa, kapal tersebut memiliki kemampuan Auto Pilot, dilengkapi dengan Echo Sounder, ECDIS, fasilitas model digital dan satelit, serta Sea Rider berkapasitas 6 orang dan alat komunkasi. Sehingga kehadiran kapal itu nantinya akan memotivasi pihaknya agar mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan di wilayah kerjanya.

“Sesuai arahan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, mudah-mudahan dengan keberadaan KN. SAR Sanjaya ini, mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan di wilayah Perairan Selat Malaka, ”ucap Pandawa.
Kontributor : Ilhamsyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini