Iklan
Iklan

Banjir Kembali Melanda 2 Kampung di Desa Simataniari Angkola Sangkunur

- Advertisement -
Tapanuli Selatan – Hujan selama dua hari, mengakibatkan banjir kembali melanda 2 kampung di Desa Simataniari, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel. Banjir yang melanda 2 kampung tersebut yakni Kampung Muara Pardomuan/ Sibara-bara dan Kampung Setia Baru, diketahui banjir melanda sejak Sabtu sore (9/12/2022) sekitar pukul 19.00 WIB, hingga saat ini Senin (11/12/2022) banjir hanya surut beberapa centimeter.

” Banjir malah sedikit bertambah, ketinggian air malah ada yang lebih kurang satu meter ,” kata Plh. Kepala Desa Simataniari , Hasian Harahap kepada wartawan tadi pagi sekitar pukul 9.00 WIB.

Menurut Hasian, Sibara-bara banjir yang melanda kampung ini terdiri dari 2 Kampung Muara Pardomuan dan Kampung Setia Baru), anak Desa Simataniari didiami sekitar 165 kepala keluarga, dan sudah langganan banjir.

” Karenanya, walau banjir yang merendam belum juga surut, mereka (warga) rata-rata masih bertahan atau sungkan meninggalkan rumahnya masing-masing, kecuali kondisi semakin mengancam ,” ujar Hasian.

Bahkan, untuk istirahat tidur dan aktivitas memasak untuk kebutuhan makan masih terus dilakukan di rumah masing-masing. Terkecuali ke kebun agak terganggu, karena terendam.

” Warga sudah pintar dan nekat karena sudah menjadi langganan banjir. Sehingga memodifikasi tempat tidur dan tempat memasak yang posisinya tinggi, bilamana banjir masih bisa bertahan hidup dalam rumah ,” katanya.

Sementara siswa siswi SD Negeri 101306 Simataniari 2 dan SMP Negeri 2 Angkola Sangkunur di wilayah tersebut terpaksa diliburkan sementara. Kalau terus banjir seperti ini kemungkinan siswa-siswi kedua  sekolah akan diliburkan, akibat sekolah itu terendam air. Tambah, keadaan cuaca sejak semalam sampai pagi sekarang kurang bersahabat, atau hujan, sebut Hasian.

” Meski demikian kami bersama warga berharap dan berdoa kiranya luapan air yang merendam permukiman warga ini dapat cepat surut, agar kami dapat beraktifitas normal ,” ucapnya.

Sesuai Keterangan BPBD Tapsel melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Handi Febrial Batu Bara, S. Kom bersama Stafnya via telepon Selulernya tadi pagi dihubungi Wartawan sekitar pukul 10.00 WIB (11/ 12/2022) akan turun memantau banjir tersebut kelokasi Kampung Muara Pardomuan / Sibara bara dan Kampung Setia Baru Desa Simataniari Kecamatan Angkola Sangkunur dan Kelurahan Rianiate Kecamatan Angkola Sangkunur.(Sar/Nst).

Trending

- Advertisement -
Iklan

Lowongan Kerja

- Advertisement -
Logo

Game

Related News

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini