Iklan
Iklan

Bencana Banjir Bandang Hantam Desa Perkebunan Angkola Sangkunur

- Advertisement -
Tapanuli Selatan – Akibat hujan deras yang menerpa selama beberapa jam penuh menyebabkan banjir bandang menghantam Desa Perkebunan, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel, Jum’at (3/11/2023) sekira pukul 18.00 WIB.

Banjir bandang menyebabkan jalan produksi afdeling 1 terendam dan perumahan karyawan dan Kantor Afd 4 Kebun Hapesong serta kerusakan di jalan lintas barat Sumatera Utara. Ditambah lagi material yang terbawa banding bandang ini, dari bebatuan, pasir, lumpur dan cabang kayu.

Banjir bandang
Kondisi Desa Perkebunan yang terendam banjir.

Desa Perkebunan yang masuk wilayah di daerah PTPN III Kebun Hapesong yang dihantam banjir bandang ini disebabkan debit air sungai yang meningkat sehingga sungai Batang Toru tidak mampu menampung debit air yang meluap.

Air yang meluap tersebut diperkirakan berasal dari Sungai Malombu dusun Lobu Uhom, Desa Panobasan Lombang, Kecamatan Angkola Barat.

Respon hal kejadian tersebut, Manajer PTPN III Hapesong Fakhrur Rozi, SP, MP melalui APK. PTPN III Hapesong Aliza Rahmadani didampingi Fazri Sikumbang kepada wartawan Indeksnews, Sabtu,  (4/11/2023) mengatakan musibah banjir bandang ini tidak ada sampai menelan korban jiwa namun menimbulkan kerugian finansial dari karyawan berupa kerusakan rumah dan infrastruktur.

” Banjir bandang semalam itu tak sampai menelan korban jiwa, namun menimbulkan kerugian finansial dari karyawan berupa kerusakan rumah dan infrastruktur ,” terangnya.

Lalu pihak Management PTPN III Hapesong telah melakukan upaya sebagai berikut untuk mengatasi musibah ini, yakni,

1. Melakukan monitoring untuk melihat lokasi bencana banjir,
2. Menurunkan bantuan personel untuk proses pembersihan rumah korban banjir dan pembersihan jalan serta paret yang rusak akibat banjir,
3. Memberikan bantuan logistik berupa makan malam kepada korban banjir,
4. Menyusun rencana untuk perbaikan kerusakan keesokan hari

” Kondisi cuaca di lokasi bencana banjir sudah mulai kondusif serta air sudah mulai surut. Serta korban banjir juga telah membersihkan rumah masing-masing dengan bantuan personil dari management Kebun PTPN III Hapesong ,” kata Fakhrur Rozi.

Manajer PTPN III Hapesong Fakhrur Rozi, SP, MP pun menghimbau karyawan agar tetap waspada karena bencana bisa terjadi tiba-tiba tiba karena memasuki musin penghujan.

” Kami meminta kepada karyawan, dan masyarakat agar tetap waspada mengingat kondisi cuaca yang dapat berubah ,” harap Fakhrur.(Sar/Nas).

Trending

- Advertisement -
Iklan

Lowongan Kerja

- Advertisement -
Logo

Game

Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini