Tinjau Pembangunan Infrastruktur Permukiman Kota Lama Kesawan, Bobby Nasution: Target November 2023 Selesai

106
Pembangunan
Medan – Penataan kawasan Kota Lama Kesawan yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI telah dimulai. Kamis (15/9), Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Ir Diana Kusumastuti MT meninjau pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Kota Lama Kesawan yang telah dimulai di Jalan Perniagaan.

Selain Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, sejumlah pimpinan OPD terkait juga turut mendampingi Bobby Nasution dalam peninjauan pembangunan tersebut. Orang nomor satu di Pemko Medan itu selanjutnya melihat data teknis terkait, termasuk schedule percepatan  pekerjaan yang akan dilakukan untuk menata kawasan yang banyak dipenuhi bangunan tua kaya akan nilai sejarah tersebut.

Berdasarkan gambar yang tertera di lokasi, ada 7 lingkup pekerjaan yang akan dilakukan  meliputi pekerjaan persiapan, revitalisasi saluran drainase, pekerjaan jalur utilitas, pekerjaan koridor Jalan Balai Kota, Jalan Bukit Barisan dan Jalan Pangkal Pinang. Kemudian, pekerjaan koridor Jalan Ahmad Yani, pekerjaan kawasan Jalan Perniagaan dan Jalan Kereta Api serta pekerjaan  kawasan Jalan Masjid dan Pasar Hindu.

Masih dari gambar, manfaat pembangunan yang dilakukan disebutkan ada 2 yaitu pemugaran kawasan Kota Lama Kesawan sebagai salah satu ikon Kota Medan dan menjadi salah satu destinasi wisata lokal  dan mancanegara. Sedangkan masa pelaksanaan 510 hari kalender terhitung mulai 8 Juli 2022 sampai 29 November 2023.

Lokasi pengerjaan di Jalan Perniagaan ditutupi seng, selain untuk mendukung percepatan pengerjaan yang dilakukan, juga menghindari agar masyarakat pengguna jalan tidak terganggu saat melintasi kawasan tersebut saat pengeboran berlangsung. Diana Kusumastuti didampingi beberapa jajarannya memberikan penjelasan terkait dengan pengerjaan yang dilakukan kepada orang nomor satu di Pemko Medan tersebut.

Kemudian, Bobby pun menyampaikan sejumlah masukan sehingga pembangunan infrastruktur permukiman di kawasan Kota Lama Kesawan semakin lebih baik dan menarik. Setelah itu menantu Presiden Joko Widodo dan Dirjen Cipta Karya meninjau lokasi pengerjaan yang dilakukan di Jalan Perniagaan tersebut.

Usai peninjauan Bobby Nasution menjelaskan, kedatangan Dirjen Cipta Karya untuk melihat pekerjaan yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya. Dikatakan Bobby, ada 2 pekerjaan yang dilakukan di Kota Medan. Pertama, jelasnya, pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Kota Lama Kesawan.

“Pengerjaannya dengan sistem multiyears menggunakan APBN. Jadi InsyaAllah akan rampung dan selesai pada November 2023. Tadi kita sampaikan kepada Bu Dirjen Cipta Karya, Pemko Medan siap mendukungnya. Mudah-mudahan dapat membantu percepat penyelesaian pengerjaan di kawasan Kota Lama Kesawan,” kata Bobby Nasution.

Sedangkan pengerjaan yang dilakukan Kementerian PUPR, kata Bobby, pembangunan Pasar Aksara yang telah selesai pengerjaannya. Bahkan, imbuhnya, Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar telah selesai melakukan pengundian pedagang. “Target saya, dua Minggu dari sekarang, Pasar Aksara yang baru ini sudah dapat dioperasikan,” ungkapnya. (Nid)

Artikulli paraprakPemko Padang Sidempuan Peringati Puncak Hari Anak Nasional 2022
Artikulli tjetërSPI Sumatera Utara Ajak Wartawan Ujian Sertifikasi Profesi Tanggal 29 September