Sambut Tahun Baru Islam, Angkola Barat Tapsel Gelar Pawai Obor

75
Tahun Baru
Pawai Obor di Angkola Barat Tapsel.
Tapanuli Selatan – Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Pemerintah Kecamatan Angkola Barat Tapsel menggelar Pawai Obor, pada Sabtu (6/7/2024) malam sekira pukul 20.15 WIB.

Pawai Obor menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H ini mengambil star dari lapangan Kantor Kecamatan Angkola Barat dan finish di Pasar Sitinjak Angkola Barat.

Tahun Baru
Pawai Obor diisi dengan ceramah.

Kegiatan pawai obor ini diisi dengan ceramah Ketua MUI Angkola Barat dan Uztad Pimpinan Pondok Pesantren Mardhotillah Pawai yang mengatakan salah satu intinya bahwa dalam pembangunan berkelanjutan dalam pembangunan di bidang keagamaan Kabupaten Tapsel khususnya Kecamatan Angkola Barat.

Tahun baru Islam 1 Muharram adalah periode yang hitung menggunakan kalender hijriyah. Tahun baru hijriyah didasarkan pada peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.

Dalam ceramahnya itu juga menjelaskan hijrah bukan hanya sekadar perpindahan tempat, tetapi juga simbol perjuangan dan pengorbanan dalam mencari ridha Allah SWT. Nabi Muhammad SAW menghadapi berbagai tantangan dan rintangan, namun dengan kesabaran dan keikhlasan, beliau berhasil membangun masyarakat yang adil dan sejahtera di Madinah.

“Pada momen berharga ini, mari kita meningkatkan rasa syukur atas segala nikmat Allah SWT. Mari kita jadikan semangat hijrah sebagai inspirasi untuk terus berusaha memperbaiki diri dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa, dan agama,” pesan Ketua MUI Angkola Barat.

Sementara itu arahan Bupati Tapsel H.Dolly Pasaribu, SPt, MM yang disampaikan Camat Angkola Barat M.Thohir Pasaribu mengatakan Pawai Obor dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H dilaksanakan secara serentak di seluruh kecamatan se – kabupaten Tapanuli Selatan.

Kegiatan pawai obor adalah atas inisiasi  kerjasama yang baik antara semua pemangku kebijakan di kecamatan, diantaranya Ormas Islam, Organisasi Kepemudaan, Pengajian dan para tokoh masyarakat, adat serta unsur pemerintahan kecamatan dan Kel/ Desa yang ada.

“Sehingga kegiatan ini dilaksanakan  berkat adanya kerjasama, kekompakan yang baik ditengah – tengah masyarakat Tapanuli Selatan dibawah kepemimpinan Bupati Bapak Dolly Pasaribu, S. Pt., MM,” sebutnya.

Hadir pada kesempatan itu, Staf Ahli Bupati, para pimpinan OPD atau yang mewakili, Kabag/Kabid, Camat Angkola Barat M.Thohir Pasaribu, Sekcam Raja Harahap, Kapus UPTD Sitinjak, KUA Angkola Barat, MUI, FKDT Angkola Barat, perwakilan TNI-Polri (Danramil Siais/19 dan Kapolsek Batang Toru), Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan Tapsel. Lalu Ketua KNPI, IPK Kecamatan Angkola Barat para pesantren se-Kecamatan Angkola Barat, Kepala Desa/Lurah serta masyarakat se-Kecamatan Angkola Barat.(Saragi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini