Plt Sekda Kota Sidimpuan Buka Rakor TPPS Tahun 2024

12
Sekda
Rakor TPPS Tahun 2024 Pemko Padangsidimpuan.
Padangsidimpuan – Pj Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe SKM, M.Kes diwakili Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padangsidimpuan, Roni Gunawan Rambe, S.STP, M.Si membuka Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Padangsidimpuan Tahun 2024 di Aula Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padangsidimpuan, Selasa (20/2/2024).

Dalam arahannya, Pj Wali Kota melalui Plt Sekda Roni Gunawan Rambe menyampaikan bahwa Stunting sudah ditetapkan menjadi isu prioritas Nasional dalam rencana pembangunan jangka menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, dengan target penurunan yang signifikan dari kondisi 24,4% pada tahun 2021, menjadi 14% pada tahun 2024.

Plt Sekda juga menjelaskan, dalam upaya pencapaian target, telah ditetapkan sasaran dan strategi nasional, melalui peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021, tentang percepatan penurunan stunting dan peraturan BKKBN nomor 12 tahun 2021, tentang rencana aksi nasional percepatan penurunan angka stunting (RAN PASTI), yang mana BKKBN ditunjuk sebagai ketua pelaksana percepatan penurunan stunting di tingkat pusat dan daerah.

“Stunting merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia unggul, percepatan penurunan stunting dimulai pada saat prakonsepsi sampai 1000 hari pertama kehidupan, sehungga perlu kita tingkatkan efektifitas pelaksanaan kegiatan dan pelayanan kepada seluruh target sasaran yang diselenggarakan melalui kerja-kerja kolaboratif dalam TPPS,” jelas Plt Sekda.

Beliau berharap, rakor ini dapat dioptimalkan menjadi wadah strategis dalam koordinasi, konsolidasi dan sinergi antar OPD terkait dan para pelaku percepatan penurunan stunting diseluruh jenjang TPPS agar dapat meningkatkan kinerja konvergensi dan kualitas layananan intervensi kepada seluruh sasaran di wilayah pemko Padangsidimpuan.

Turut hadir Ketua TP.PKK Kota Padangsidimpuan, Ny. Masroini Letnan Dalimunthe beserta jajarannya, para camat, seluruh Kepala Puskesmas dan mewakili Kemenag.(Saragi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini