Pj Wali Kota Sidimpuan Hadiri Pembukaan MTQ ke -39 Tingkat Provinsi Sumut

9
Sidimpuan
Tampak Pj Wali Kota Padangsidimpuan hadir bersama unsur Forkopimda se-Tabagsel dan Provinsi Sumut.
Padangsidimpuan – Pj Wali Kota Padangsidimpuan, H. Timur Tumanggor, S.Sos, M.AP, turut menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- 39 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang berlangsung di Sipirok Kabupaten Tapsel, pada Sabtu malam, (22/6/2024).

Informasi yang diperoleh dari Pemko Padangsidimpuan MTQ Tingkat ke-39 Provinsi Sumut ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut Ir. Arif Sudarto Trinugroho, MT, dan dihadiri Pj Wali Kota Padangsidimpuan bersama Kepala Daerah se- Tabagsel dan Sumut.

Dalam sambutanya mengatakan, MTQ merupakan peristiwa yang sangat berharga yang didalamnya dapat mengapresiasi, keindahan dan keagungan Al-Quran serta memberi pengetahuan tentang seni baca dan tulis Al-Quran.

“Selain menjadi ajang untuk menghormati kandungan Al-quran, MTQ juga menjadi simbol kecintaan umat Islam terhadap kitab suci Alquran serta menjadi wadah untuk memelihara dan menyebarkan nilai-nilai agama,” ujar Arif Sudarto.

Ia menambahkan, dengan diselenggarakannya MTQ tingkat Sumut ke-39 di Tapanuli Selatan, umat Islam dapat memperkaya pengalaman keagamaan, memperdalam pemahaman terhadap Al-quran, serta memperkuat ikatan spiritual dengan sang maha pencipta.

“Alquran adalah sumber inspirasi dan pedoman bagi seluruh umat manusia dalam menjalani kehidupan yang Islami dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Arif Sudarto Trinugroho sangat mengapresiasi penyelanggara MTQ ke-39 tingkat Provinsi Sumut dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan beserta jajaran terkait. Menurutnya, terselenggaranya hajat ini, sudah berjalan baik dan meriah.

Selain itu ia berharap, digelarnya MTQ ke-39 tingkat Provinsi yang digelar di Tapanuli Selatan, dapat memotivasi para qori-qoriah di bidang Alquran dan bidang perlombaan lainnya. Sehingga ke depannya bisa meningkatkan prestasi hingga ke tingkat nasional sebagai duta dari Sumatera Utara.

Sementara itu Bupati Tapsel H. Dolly Pasaribu mengatakan, Kabupaten Tapanuli Selatan sangat berbahagia dan merasa terhormat telah diberikan amanah sebagai tuan rumah MTQ ke-39 tingkat Sumatera Utara.

“Kami dengan rendah hati menyambut semua para peserta dari 25 Kabupaten dan 5 Kota di Sumut, tamu undangan dan seluruh elemen yang terlibat dalam MTQ tingkat Provinsi Sumut tahun 2024,” ujarnya.

Dolly menyampaikan, digelarnya MTQ tingkat Sumut di Kabupaten Tapsel adalah momentum yang sangat berharga untuk menunjukkan bahwa Kabupaten Tapsel bukan hanya sebuah wilayah yang kaya akan potensi alam dan wisata. Tetapi juga, sebuah tempat yang memiliki kedalaman spiritual yang islami.

Acara pembukaan MTQ ke-39 tingkat Sumatera Utara di isi dengan penyambutan tamu secara adat budaya Tapsel, pengibaran bendera MTQ dan atraksi seni tari kreasi dari ratusan pelajar.

Sebelumnya, panitia MTQ ke 39 Provinsi Sumut Hamdan Zen, SH melaporkan jumlah peserta dari 33 kafilah dan kafilah khusus total sebanyak 1.332 orang. Adapun cabang yang di perlombakan cabang seni baca Al-Quran, hapalan Al-Quran, Tafsir Al-Quran, Fahmil Quran, Syahril Qur’an, Seni Kaligrafi dan Karya Tulis. Pelaksanaan selama 9 hari pada tanggal 20 sampai dengan 28 Juni 2024. Adapun tema yang di usung “Melalui MTQ ke-39 tahun 2024, Kita wujudkan masyarakat cinta Al-Quran menuju Sumatera Utara yang Hebat.

Peresmian tersebut ditandai dengan pemukulan bedug oleh Sekda Provsu bersama Bupati Tapsel H. Dolly Pasaribu, Ketua LPTQ Sumut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumut didampingi sejumlah pejabat lainnya, termasuk Pj Wali Kota Padangsidimpuan.(Saragi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini