Ikut Perlombaan Desa Binaan, Kadis PMD Tapsel Berikan Pembinaan Ke Aparatur dan BPD Desa Batu Godang

26
PMD
Kadis PMD Tapsel saat memberikan arahannya.
Tapanuli Selatan – Desa Batu Godang, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel ikuti perlombaan desa binaan kategori PTP2WKSS tingkat Provinsi Sumatera Utara. Bupati Tapsel yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tapsel Muhammad Yusuf Nasution dan rombongan memberikan pembinaan di Desa Batu Godang di kantor Desa Batu Godang pada hari Rabu, (26/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Kadis PMD Muhammad Yusuf Nasution menjelaskan, Kepala Desa sebagai pemimpin di desanya harus mampu menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan dan aturan sesuai dengan tugas tupoksi kerja yang ditentukan.

PMD
Penyerahan bantuan.

“Tugas utama kepala desa adalah menjalankan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan menciptakan keamanan dan ketertiban di desanya,” tegasnya.

Yusuf pun menyebutkan Kepala Desa harus mampu menggerakkan warga dan aparaturnya dalam bergotong royong, pemberdayaan serta memberikan pelayanan yang cepat dan mendorong pelayanan secara proaktif dan digital.

“Kepala Desa saat ini dituntut untuk berinovasi dan kreatif di desanya, sesuai dengan potensi yang ada di wilayah terutama inovasi dalam hal menciptakan pendapatan ekonomi bagi warganya,”ucap Kadis PMD.

Katanya lagi, saat ini kita masih dalam kondisi pemulihan ekonomi nasional dan penuntasan kemiskinan. Ia memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Batu Godang yang sudah kompak dan  berhasil merangkul warganya sehingga bisa lolos perlombaan desa binaan tingkat provinsi Sumatera Utara kategori PTP2WKSS.

“Ke depan kebersamaan itu terus dibina dan dilanjutkan agar masyarakat Desa Batu Godang Sehat,  cerdas dan sejahtera sesuai visi misi Bupati Tapanuli Selatan,” harapnya.

Kemudian dijelaskannya untuk lebih mengembangkan potensi desa supaya memberikan manfaat untuk desa terlebih untuk masyarakat desa sendiri.

“Dengan masuknya Desa Batu Godang mengikuti perlombaan Desa binaan tingkat Provinsi Sumatera Utara kategori PTP2WKSS, kita berharap kepala desa, aparat desa, BPD dan warga masyarakat saling bahu membahu agar desa Batu Godang berhasil meraih juara Tingkat Provinsi ,” pinta Kadis PMD.

Tak hanya Kadis PMD, Kadis DPMPPTSP Tapsel Fahrizal Islami Ritonga, SP juga menyampaikan arahan dan bimbingan kepada apartur Desa Batu Godang dan masyarakat, jika ada keluhan dari masyarakat agar disampaikan demi kepentingan umum di Desa Batu Godang.

Semenata itu Camat Angkola Sangkunur Daniel Affandi Harahap, S. PTP, MM mengucapkan selamat datang kepada Kadis PMD Tapsel beserta rombongan, semoga nantinya dapat membimbing aparatur desa di desa binaan Desa Batu Godang,  agar dapat menjalankan tugas dan fungsi aparatur desa sesuai kinerja masing-masing supaya mendapat juara dipenilaian nanti.

Sebelumnya Kepala Desa Batu Godang Mahmuddin Sihombing menyampaikan kata sambutan dengan mengucapkan selamat datang kepada Kadis PMD Tapsel beserta rombongan, kiranya aparatur desa binaan Desa Batu Godang dapat dibantu terus sampai ke titik penilaian di bulan Juli nanti.

Saat dikonfirmasi tentang kedatangan Kadis PMD Pak Muhammad Yusuf Nasution dengan rombongan ini, dirinya mengucapkan sangat bersyukur dan berterima kasih.

“Kami selaku Kepala Desa Batu Godang mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga, yang mana Kadis PMD dan rombongan sudah mau berkunjung di desa Binaan kategori PTP2WKSS ini. Semoga kedatangannya ini bisa menambah semangat untuk meraih keberhasilan,” sebutnya.

Turut hadir, Kadis PMD Tapsel Muhammad Yusuf Nasution, Kadis DPMPPTSP Tapsel Fahrizal Islami Ritonga, SP, yang mewakili Dinas Sosial, Kadis Perikanan dan Kelautan Saiful AP Nasution, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Perpustakaan, BPBD Tapsel, Camat Angkola Sangkunur Daniel Affandi Harahap, S. PTP, MM, Sekcam Ali Dahrun Pulungan, BP3K Kecamatan Rahma Dianto, Ibu PKK Kecamatan dan Desa Batu Godang serta petugas Karang taruna, Pos Yandu.

Usai dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Dinas Perpustakaan Tapsel Lemari rak buku yang diserahkan Kabid Perpustakaan kepada Kepala Desa, lalu bantuan dari Perikanan kolam terpal ikan lele diserahkan oleh Kadis Perikanan dan Kelautan Saiful AP Nasution kepada Kelompok Perikanan Desa Batu Godang. Serta penyerahan alat masak dari Dinas Sosial diserahkan kepada Ibu PKK Desa Batu Godang.(Sar/Nas).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini