Dibuka Presiden RI Joko Widodo, Plt Sekda Kota Sidimpuan Hadiri Pembukaan Rakernas Apeksi XVII

3
Presiden
Presiden RI Joko Widodo membuka Rakernas Apeksi XVII di Balikpapan.
Padangsidimpuan – Plt Sekda (Sekretaris Daerah) Kota Padangsidimpuan Roni Gunawan Rambe.S.STP, M.Si turut menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII 2024 yang diselenggarakan di Kota Balikpapan, Selasa (4/6/2024). Rakernas Apeksi XVII tersebut dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Presiden Jokowi menyampaikan visi besar untuk masa depan kota-kota di Indonesia. Dikatakannya, pada tahun 2045, diperkirakan 70 persen penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan, dan secara global pada tahun 2058 angka tersebut akan mencapai 80 persen.

Presiden
Sekda Kota Padangsidimpuan saat menghadiri Rakernas Apeksi XVII di Balikpapan.

“Hal ini tentunya memiliki dampak menjadikan beban kota semakin berat,” ujar Presiden RI Joko Widodo.

Oleh sebab itu lanjut Presiden, perencanaan Kota secara detail harus dimiliki setiap kota di Indonesia.

“Jangan sampai kita memiliki kota seperti yang banyak terjadi di Eropa maupun di Amerika yaitu kota-kota yang mencekam karena penganggurannya banyak dan homeless banyak. Tentunya kita tidak ingin hal seperti itu terjadi di Indonesia,” jelasnya.

Presiden juga menekankan pentingnya perencanaan kota yang baik agar semua kota di Indonesia bisa menjadi tempat yang layak huni, nyaman dihuni dan menyenangkan bagi penduduknya.

“Orang yang berkunjung ke kota senang dan ingin kembali berkunjung. Dan orang yang tinggal sangat mencintai kotanya karena memberikan pelayanan publik yang baik pada masyarakat,” tambahnya.

Rakernas APEKSI XVII ini dihadiri oleh Wali Kota dan pejabat daerah dari seluruh Indonesia, yang bertujuan untuk saling berbagi pengalaman dan mencari solusi bersama untuk mengatasi berbagai tantangan perkotaan.

Kehadiran Pemerintah Kota Padangsidimpuan sendiri menunjukkan komitmen untuk turut serta dalam upaya mewujudkan kota yang lebih baik dan berkelanjutan di masa depan.

Setelah itu, Pembukaan Rakernas Apeksi XVII ditandai dengan pemukulan lesung oleh Presiden Jokowi, yang didampingi oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto,PJ.Gubernur Kaltim, Wali Kota Balikpapan dan Ketua Apeksi. (Saragi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini