8 Strategi Cerdas Hemat Makan untuk Anak Kost

1023
hemat makan anak kos
Sumber: pixabay.com
Buat yang baru mulai kuliah dan harus tinggal jauh dari orang tua, akan ada hal-hal yang berubah. Salah satu hal yang berubah adalah pola makan yang lebih hemat. Tips irit makan anak kos bisa dicoba agar tidak pernah mengalami kekurangan uang. Memang tinggal di perantauan tidak selalu enak, harus pandai berhemat dan mandiri.

Salah satu permasalahan terbesar anak kos adalah masalah makan. Jika sebelumnya sudah disiapkan oleh ibu, sekarang harus mandiri. Termasuk mengatur keuangan dari orang tua.  Kamu perlu mencoba tips hemat ala anak kost.

8 Tips Makan Hemat Ala Anak Kost yang Bisa Kamu Coba

Semua orang tua ingin memberikan yang terbaik dan memenuhi kebutuhan anaknya. Namun karena beberapa alasan, anak kost kadang mendapat jatah uang bulanan yang terbatas.

Salah satu tips hemat ala anak kost yang mandiri adalah mampu mengelola finansial dengan benar. Kemampuan dalam mengelola keuangan sangat penting. Lalu bagaimana cara agar dapat hemat biaya makan? Berikut tips irit makan anak kos:

1. Buat anggaran Bulanan

Kebutuhan untuk makan membutuhkan anggaran bulanan yang jumlahnya cukup besar. Anak kost harus pandai benar mengatur jenis makanan. Semua kebutuhan nutrisi harus terpenuhi, namun juga tetap hemat.

Buatlah budget dan menu selama satu bulan. Dengan demikian, kamu bisa mengatur pengeluaran harian untuk makan dan mencukupkan sampai satu bulan. Minta tambah uang pada orang tua tidak selalu bisa menjadi solusi. Berapapun jumlahnya, jika tidak bisa mengelola maka akan tetap kurang. Kini saatnya mengaturnya dengan baik.

2. Selalu Bawa Air Putih

Langkah kedua ini terkesan sepele, tapi dapat menghemat banyak pengeluaran untuk konsumsi. Satu botol air mineral harganya bisa mencapai Rp 3.000. Jika dalam satu bulan membeli sebanyak 20 kali, berarti harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 60.000. Belum lagi apabila saat membelinya juga tergiur untuk menikmati jajanan, maka pengeluaran semakin besar.

Banyak minum air putih juga baik untuk kesehatan karena menjaga tubuh tidak terhidrasi, sehingga tubuh tetap fit. Air minum juga membuat perut tidak kosong jadi mengurangi keinginan untuk membeli cemilan.

3. Memasak Nasi Sendiri

Memasak nasi sangat mudah. Apalagi menggunakan magic com. Anak kost hanya perlu mencuci beras dua kali, kemudian tambahkan air secukupnya dan menyambungkan magic com dengan listrik. Sambil beberes kamar, nasi akan masak sendiri. Ini merupakan salah satu tips hemat ala anak kost.

Untuk menikmatinya, tinggal membeli sayur matang atau memasak lauk yang simpel dan mudah. Coba lakukan hal ini dan hitung berapa banyak dapat melakukan penghematan. Cara menjadi anak kost yang mandiri ini bisa kamu terapkan. Meski terlihat hanya menghemat nasi putih, namun akumulasi selama satu bulan lumayan.

4. Cari Tempat Makan yang Bersahabat dengan Kantong Anak Kost

Pada saat tugas menumpuk dan tidak sempat memasak nasi, tentunya harus membeli makan. Pilihlah warung yang bersahabat dengan kantong. Kamu bisa mencoba ke beberapa tempat agar bisa menentukan masakan mana yang cocok di lidah dan ringan bagi dompet. Di sekitar tempat kost biasanya cukup mudah untuk mendapatkan warung seperti ini. Selain tempat, hal yang tidak kalah penting adalah menu. Pilih menu yang tidak mahal tapi bergizi.

5. Belajar Memasak

Keterampilan memasak tidak identik dengan perempuan. Laki-laki pun perlu belajar, setidaknya untuk diri sendiri. Seberapa pentingkah keterampilan ini saat kost? Jawabannya penting sekali. Dengan memasak, maka anak kost dapat menyediakan menu yang sesuai lidah dan tetap hemat. Belajarlah untuk masak makanan simple terlebih dulu, jadi tidak terlalu merepotkan.

Kemampuan memasak akan sangat berguna. Jika warung langganan tutup, kamu tetap harus makan kan? Nah, bisa membuatnya sendiri. Begitu juga ketika cuaca hujan yang tidak memungkinkan untuk keluar. Lihat bahan, jika ada tinggal eksekusi untuk menyiapkan hidangan yang dapat mengusir rasa lapar.

6. Kurangi Makan Daging

Daging memang baik untuk tubuh, karena merupakan sumber protein hewani. Namun kurang bagus jika terlalu sering. Selain berpengaruh pada kesehatan juga keuangan. harga daging tidak murah. Sekali makan, mungkin sama dengan biaya konsumsi dengan menu sederhana selama seminggu.

7. Kurangi Jajan

Salah satu kebiasaan ini sangat cepat menguras isi dompet, sebaiknya hindari. Jika ingin menikmati cemilan, buat saja sendiri. Selain lebih murah juga bersih, anak kost juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan gizi.

Jajanan di luar banyak yang menggunakan bahan pengawet, minyak bekas dan lain sebagainya. Hal tersebut berdampak buruk bagi kesehatan, jadi sebaiknya hindari. Untuk menggantinya, bisa dengan mengkonsumsi buah. Selain lebih murah juga menyehatkan.

8. Sediakan Makanan Instan

Makanan instan selalu menjadi penyelamat bagi anak kost. Kamu bisa menyediakan beberapa stok makanan instan di kamar. Meski kebanyakan makanan instan agak kurang sehat, namun tidak semua begitu. Tergantung mengkonsumsi produk apa.

Salah satu yang sehat karena terbuat dari bahan alami adalah Mie Lemonilo. Harganya cukup ramah untuk kantong anak kost dan rasanya juga enak. Cara penyajiannya juga cepat sehingga dapat menjadi penyelamat ketika sedang terburu-buru.

Untuk dapat menikmati mie lezat ini, tentu caranya sangat praktis. Anak kost juga bisa pesan banyak lewat aplikasi Blibli. Blibli merupakan marketplace terpercaya yang hanya bekerja sama dengan seller terbaik. Pesanan akan sampai di tempat tinggalmu dengan selamat berkat packing yang sesuai.

Tips irit makan anak kos wajib bagi yang tinggal jauh dari keluarga. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir kekurangan uang sebelum akhir bulan. selain berhemat, tips tersebut juga mengajarkan pola hidup sehat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini