Dinkes Taput Gelar Lomba Posyandu dan Senam Lansia, Satika Senang Melihat Lansia Bahagia

62
Lomba Bupati
Tapanuli Utara- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tapanuli Utara menggelar Lomba Senam Lansia dan Lomba Posyandu tingkat Kabupaten. Lomba senam Lansia (Lanjut Usia) yang dikuti 21 kelompok, sebanyak 315 orang yang terdiri 15 Orang tiap Puskesmas se-Tapanuli Utara, sedang lomba Posyandu yang sudah dimulai pada tanggal 14 Juni sampai dengan 15 Juli 2022, peserta lomba senam Lansia berumur 60 tahun keatas dipusatkan di dalam gedung serba guna Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat (5/8/2022).

Hadir dalam kegiatan Lomba, Ketua TP PKK Taput Satika Simamora. Kepala Dinas Kesehatan Taput Sudirman Manurung, para Camat, Kabid Kesehatan Masyarakat Dintar Hutabalian, Pengurus PKK Taput, kepala UPT Puskesmas. Maria S instruktur senam yang juga dewan juri.

Satika Simamora berharap kegiatan ini dapat mewujudkan para lansia tetap sehat, lebih kuat, dan produktif diusianya saat ini.

“Ibu gembira, apapun ceritanya kegembiraan itu adalah obat buat orang tua kita yang lanjut usia, karena di hari tua mereka masih bisa tersenyum dan tertawa, dan ini adalah kebahagian tersendiri buat saya, karena doa orang tua itu sangat luar biasa hikmatnya dan sangat luar biasa efeknya bagi kehidupan kita, kepada saya khususnya, kasih sayang itu ada pada mereka, dan kebetulan saya senang dengan orang orang yang penuh dengan kasih sayang dan cinta,” ungkap Satika.

”Terima kasih kepada panitia pelaksana yang telah bekerja keras dalam menyukseskan kegiatan ini sehingga memacu semangat lansia untuk berolahraga, dan nantinya ibu harapkan akan ada lagi agenda rutin Lansia seperti ini digelar” pungkas Satika sembari memberikan susu dan handuk bagi peserta lansia.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan bersama TP PKK dan Kepala UPT Puskesmas melaksanakan senam kebugaran di lapangan mini komplek stadion.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara Sudirman Manurung sebagai ketua panitia melaporkan bahwa kegiatan Lomba Senam Lansia membantu tubuh agar tetap bugar dan sehat dan memperat sesama Lansia. Dan untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat dan saya yakin masyarakat Kabupaten Taput seluruhnya gemar berolah raga sehingga sumber daya manusia di Kabupaten Taput menjadi hebat,” Ujar Sudirman sekaligus membuka acara.

Kegiatan Lomba Senam Lansia Tingkat mengusung tema “Lansia Sehat Lansia Bahagia” bermakna semangat agar para lansia terus hidup sehat dan selalu bahagia dan lomba Posyandu untuk meningkat SDM, pelayanan dan juga berinovasi. juga nanti juaranya akan di ikutkan ke tingkat provinsi.

“Kegiatan ini dalam upaya peningkatan kegiatan sosial dan mewujudkan kemandirian masyarakat untuk melakukan kegiatan aktivitas fisik dan membudayakan hidup sehat sehingga mampu menjadi manusia yang mandiri,” Jelasnya.

Sudirman menjelaskan Untuk meningkatkan semangat, kepedulian komitmen dan gerakan nyata pembangunan kesehatan di Kabupaten Tapanuli Utara yang harus terus di perjuangkan.

Melalui peningkatan perilaku sehat, menjaga lingkungan yang sehat, serta pelayanan kesehatan yang berkualitas. Dinas kesehatan menggelar upaya kesehatan yang bersifat promotif, preventif maupun kuratif sebagai wujud tanggung jawab sosial dalam membangun kesehatan.

Selanjutnya, Bungani Sirait Kepala UPT Puskesmas Aek Raja mengapresiasi acara yang digelar,”kami berharap kegiatan seperti ini diadakan dan diagendakan kembali, pertandingan senam lansia dan pertandingan Posyandu tingkat Kabupaten, terimah kasih buat Ibu Satika dan bapak Bupati Tapanuli Utara,”ucap Bungani.

Harapan Silitonga (67) salah satu peserta senam lansia mengaku senang dan bahagia ikut dalam lomba.

Sesi acara yang berjalan semarak dan antusias, juga yel yel para suporter menyemangati peserta timnya masing masing mengundang tawa riuh penonton yang hadir.

Selain itu, panitia Mempersiapkan stand untuk konsultasi masalah otot bagi para lansia.

Adapun pemenang pada lomba Posyandu yakni, Juara I Cempaka Hutatinggi UPT Puskesmas Aek Raja, Juara II Marsada Sipultak Pagaran, juara III Flamboyan simanampang Siatas Barita, Harapan I Flamboyan 1 Muara, harapan II Cempaka 1 Parhorboan Pagaran dan harapan III Asoka Hutaraja Sipoholon.

Juara Senam Lansia sebagai berikut, juara I Sarulla, juara II Huta Baginda, juara 3 no 1 Siatas barita, harapan 1 Situmeang Habinsaran dan harapan II Garoga. Selain trofi, piagam dan dana pembinaan, ada juga lucky draw. (Henry)

Iklan
Artikulli paraprakPemko Padang Sidempuan Gelar Safari 1 Muharram 1444 H di Desa Batu Layan
Artikulli tjetërBobby Nasution Ajak Masyarakat Kibarkan Bendera  Sebulan Penuh