Sat Reskrim Polres Tapsel Cek Pasar Hewan di Paluta

84
Tapsel
Personil Sat Reskrim Polres Tapsel bersama unsur terkait cek hewan ternak.
Padang Lawas Utara – Jajaran personel Sat Reskrim Polres Tapsel melakukan pengecekan ke Pasar Hewan Aek Godang, Desa Aek Nauli, Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara, Minggu pagi (15/5/2022).

Dalam kegiatan yang digelar dalam rangka menindaklanjuti instruksi Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, itu juga turut melibatkan personel Polsek Padang Bolak dan instansi terkait dari Pemkab Paluta.

” Kegiatan tersebut dilaksanakan, guna mengantisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak,” jelas Kapolres.

Kapolres menerangkan, di Pasar Hewan Aek Godang, terdapat 100 ekor sapi, 10 ekor kerbau, dan 20 ekor kambing yang diperjualbelikan oleh pedagang lokal. Tidak ada pedagang luar daerah yang masuk ke Pasar Hewan Aek Godang.

” Berdasarkan pantauan di lapangan, semua hewan ternak dalam keadaan sehat dan terbebas dari wabah PMK,” imbuhnya.

Selain melakukan pengecekan, sambung Kapolres, personel juga lakukan sosialisasi dan membagikan selebaran pencegahan PMK kepada para pedagang ternak, supaya wabah tersebut jangan sampai menyebar di Kabupaten Paluta. Spanduk dan brosur pencegahan PMK juga telah dipasang di tempat-tempat strategis.

” Sebagian brosur juga dibagikan ke para pengusaha/pedagang ternak maupun peternaknya,” kata Kapolres.

Saat ini, sebut Kapolres, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Paluta tengah berencana dan mengupayakan vaksinasi dari Provinsi Sumut terhadap hewan ternak guna mengantisipasi PMK. Ke depan, juga akan diberlakukan pengecekan terhadap surat keterangan kesehatan hewan ternak.

” Jadi, setiap hewan ternak, baik yang keluar maupun masuk ke wilayah hukum Polres Tapsel termasuk Kabupaten Paluta, akan dicek surat keterangan kesehatannya,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam pengecekan tersebut, Kanit II Ekonomi Sat Reskrim Polres Tapsel Iptu Aswin Manurung, Kanit Reskrim Polsek Padang Bolak Iptu Mulyadi, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Paluta Sapri Dewasa Simamora, serta instansi terkait lain, dan personel Sat Reskrim maupun Babinsa Koramil 05/Padang Bolak.(Saragi).

Iklan
Artikulli paraprakBupati Labuhanbatu Hadiri Lokakarya Program Pendidikan Guru Penggerak
Artikulli tjetërJalan Lintas N2 Labuhanbatu Rawan Lembu Berkeliaran Pemkab Butuh Perda Penertiban Hewan