Puluhan Nelayan Geruduk Mako Lanal TB-A dan lakukan Aksi Anarkis

152
Mako
Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, S.E. Dalam uji terampil materi tentang huru hara dan akesiapan Anggota lanal TBA
Tanjungbalai- Puluhan Nelayan melakukan aksi demo didepan Mako Lanal Tanjungbalai Asahan bahkan pendemo juga melakukan aksi anarkis saat uji terampil, pada Kamis (10/6/2021) lalu di Desa Asahan Mati.

Mako Lanal Tanjungbalai Asahan mendapatkan ancaman dari beberapa orang pendemo dengan membawa senjata tajam. Kejadian yang di sponsori oleh negara Musang ini berhasil mempengaruhi nelayan Asahan untuk demonstrasi rusuh di depan Lanal TBA.

Salah satu provokator terus berorasi, berteriak dan membakar emosi massa pendemo yang bertujuan meminta temannya yang ditahan dibebaskan dari tahanan Mako Lanal Tanjungbalai Asahan, Menghadapi situasi tersebut.

Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, S.E. mengatakan Dalam uji terampil ada beberapa materi yang wajib di latihkan oleh Prajurit Lanal TBA, salah satunya adalah pengendalian kerusuhan oleh Pasukan Huru Hara (PHH) Lanal TBA. Aspek ini adalah salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh Lanal TBA. Saya lihat Prajurit Lanal TBA sangat menguasai bidang ini.

Dalam memerintahkan untuk siapkan pasukan anti huru hara guna menghadang serta mengendalikan situasi tersebut. Namun massa pendemo semakin brutal dan melaksanakan bakar ban. Komandan Lanal TBA seketika itu memerintahkan agar memukul mundur massa pendemo, menangkap provokator dan memadamkan kobaran api. Massa pendemopun kocar kacir melarikan diri dan seorang provokator berhasil ditangkap dan diserahkan pihak Kepolisian setempat untuk proses hukum.

Materi penanggulan huru hara tersebut menjadi skenario pada latihan uji terampil glagaspur TNI AL, yang dilaksanakan oleh Tim Komando Latihan Koarmada I, yang dipimpin oleh ketua Tim Uji Letkol Laut (P) Suhartaya.
Kontributor – Ilhamsyah