Pemko Sidimpuan Salurkan Bantuan Bibit Dan Pupuk Pertanian Kepada Kelompok Tani

51
Salurkan
Walikota Irsan saat serahkan bantuan bibit dan pupuk kepada kelompok tani.
Padangsidimpuan – Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melalui Walikota Padangsidimpuan salurkan sejumlah bantuan bibit pertanian dan pupuk kepada kelompok tani di Balai Pembibitan Tanaman Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan, Kamis (19/11/2020).

Turut serta mendampingi Walikota saat salurkan bantuan bibit dan pupuk diantaranya Kadis Pertanian bersama Kepala Seksi Sayur dan Tanaman Obat, Camat Sidimpuan Batunadua, Camat Sidimpuan Angkola Julu, dan Camat Sidimpuan Tenggara.

Jumlah bantuan yang disalurkan yakni 10 ton bibit bawang merah (Allium Cepa) varietas Bima Brebes, 30 ton pupuk organik, 31,5 ton pupuk NPK, 120 bungkus bibit cabe varietas hibrida, dan mulsa plastik 250 gulung.

Kadis Tanaman Pangan dan Holtikoltura Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengatakan, untuk wilayah Sumut disalurkan atau dialokasikan bibit cabai merah untuk lahan seluas 157 Ha dan bawang merah seluas 220 Ha dan disebar di 20 daerah.

” Sampai saat ini, Sumut membutuhkan 46 Ton bawang perbulan. Sementara, yang tersahuti baru 41 %. Tentu jika kita serius mau menutupi bawang merah, masih kurang sekitar 59 % dari 46 ton/bulan,” ujar Kasi Sayur dan Tanaman Obat, Adri Nasution yang mewakili Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Provsu.

Walikota Irsan dalam sambutannya mengungkapkan, bantuan ini untuk mendukung petani memproduksi bawang merah dan cabe menghadapi ketersediaan bahan pangan di tengah suasana pandemi Covid-19 saat ini.

”Bantuan bibit ini untuk meningkatkan penghasilan petani di masa pendemi Covid-19 dan sekaligus untuk membantu pemerintah membutuhi ketersediaan bawang di Sumut, dan khususnya di Padangsidimpuan,” sebutnya.

Dari seluruh kebutuhan bawang merah di kota ini, kata Walikota Sidimpuan, tahun 2006-2007 masih disuplai dari luar daerah. Di tahun 2008-2009 pun mulai dilakukan pengembangan, dan kondisi kekinian sudah mampu memproduksi sekitar 20 persen untuk kebutuhan pasar.

” Maka itu, kita berharap agar petani kita lebih bersungguh-sungguh lagi dalam mengelola pertaniannya sehingga dapat menghasilkan panen yang memuaskan. Dan kita akan pantau terus perkembangannya,” tegas Irsan.

Adanya distribusi bantuan terhadap kelompok tani di Kota Padangsidimpuan, tidak membuat Walikota lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

” Terimakasih kepada Bapak Gubernur Sumut yang telah mendistribusikan bantuan. Semoga ini dapat dimanfaatkan dan sekaligus berdaya guna mendorong peningkatan taraf kehidupan masyarakat tani kita di daerah ini,” ujar Walikota.

Ketua Kelompok Tani Desa Mompang Ardiansyah menyebutkan adanya bantuan ini membuat mereka berkomitmen untuk memaksimalkan hasil pertaniannya. Dia juga mencetuskan siap menjadi motor penggerak dengan dibantu oleh penyuluh pertanian di desa masing-masing.

Ke depannya, program yang mereka laksanakan adalah membangun pembibitan bawang merah agar masyarakat tani bisa lebih mudah dalam memperoleh bibit bawang merah.

“Insya Allah, panen perdana bibit itu akan kita laksanakan pada 25 november mendatang,” sebutnya.(Saragih).